Prinsip-prinsip Umum Pengklasifikasian

PRINSIP 1

Klasifikasikanlah sebuah bahan pustaka menurut subjeknya (based number/ BN) dan kemudian menurut bentuknya (tabel tambahan).

Spt:

  • Pengantar ilmu pendidikan

  Subjek  = Pendidikan

  BN  = 370

Sebuah BP tidak hanya memiliki subjek utama (tunggal). Akan tetapi memiliki subjek utama+bentuk penyajian

Spt:

  • Pendidikan ensiklopedi

  subjek utama  = pendidikan // BN =370

  bentuk penyajian  = ensiklopedi // SS (T1) = 03

   BN+SS = 370+03   =370.ø 3

  =370.3

*berapa pun nol (0) pada BN di coret hingga nolnya tinggal satu pada hasil klasifikasi “terkecuali ada perintah”

PRINSIP 2
Klasifikasikanlah bahan pustaka pada subjeknya yang paling spesifik jangan pada golongan yang umum.

Spt:

Topik buku: Katak

“ Subjekutama untuk klasifikasinya adalah katak bukan presentasi dari subjek binatang”

Judul: pemeliharaan dan perbaikan rem mobil

  Subjek utama spesifik: rem

  Subjek utama luas: mobil

Rumusan subjeknya

  Subjek utama: Rem

  bentuk penyajian: pemeliharaan dan perbaikan

#prinsip ini juga berlaku untuk aspek-aspek bahasan, sudut tinjauan, bentuk penyajian (SS/T1) aspek geografis dan waktu

PRINSIP 3
klasifikasikan bahan pustaka sesuai dengan maksud pengarangnya.

  • Agarpustakawan mengerti aksud pengarangnya maka pustakawan membaca kata pengantar atau pendahuluan atau terkadang ada pada informasi jaket buku/ kulit buku bagian belakang

*seringkali pustakawan bertindak atas kehendak sendiri hanya melihat dari judul tanpa memperhatikan keterangan dari pengarang

PRINSIP 4
klasifikasilah bahan pustaka sesuai dengan kepentingan para pemustaka.

Koleksi buku fakultas kedokteran

Spt:

Biografi seorang dokter X

Lebih baik di tempatkan pada kelas kedokteran (610.92) dari pada kelas biografi (926.1)

*terkecuali perpustakaan umum yg pemustakanya bernotaben dari berbagai latar belakang

PRINSIP 5

Klasifikasu bahan pustaka pada subjek yang lebih di utamakan bilamana bahan pustaka tersebut mempunyai lebih dari satu subjek dan mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.

Spt:

Teknik memperbaiki kemudi, rem, dan transmisi

“ setelah di analisis judul buku mempunyai 3 subjek, yaitu…”

Berdasarkan kata pengantar dan luas materi yang dibahas ternyata subjek yang paling diutamakan adalah kemudi

Dengan demikian klasifikasi subjek menuju pada kemudi 629.24…

PRINSIP 6
klasifikasi bahan pustaka pada subjek yang lebih luas apabila bahan pustaka membahas lebih dari satu subjek tidak ada yang diutamakan dan subjek-subjek tersebut merupakan bagian dari subjek yang lebih luas.

Spt:

Teknik memperbaiki kemudi, rem, dan transmisi

Subjeknya mempunyai kedudukan pembahasan yangsama maka yg dipergunakan adalah “subjek sasis” merupakan induk dari ketiga subjek yang didahului dalam sebuah subjek

Maka klasifikasinya 629.24

PRINSIP 7
klasifikasi bahan pustaka pada subjek yanglebih dahulu disebutkan dalam bagan, bilamana bahan pustaka membahas lebih dari satu subjek. Tidak ada subjek yang lebih luas atau yang diutamakan dan tidak merupakan bagian dari subjek yang lebih luas.

Spt:

Mengenal Agama Jahudi dan Hindu

Subjek yang ditemukan Jahudi dan Hindu

Kedua subjek mempunyai kedudukan yang sama

Jahudi 296

Hindu 294.5

Oleh karena klasifikasi Hindu lebih dahulu daripada jahudi nomor kelas yang di tetapkan Hindu 294.5

PRINSIP 8
klasifikasi bahan pustaka pada nomor yang paling dekat bilamana subjek sebuah bahan pustaka tidak mempunyai nomor dalam bagan klasifikasi.

## kasus seperti ini biasanya terjadi pada bidang ilmu yang perkembagannya cepat, seperti ilmu komputer

## tetapi sangat jarang terjadi

## pustakawan tidak dibenarkan membuat nomor sendiri melainkan mencari no klasifikasi terdekat/ berhubungan