Penelusuran Berdasarkan Jenis Dokumen

Dokumen :

  • Jenis dokumen yang dimiliki suatu perpustakaan dalam bentuk teks meliputi majalah/jurnal, laporan penelitian, buku, prosiding, seminar dan sejenisnya, maupun pangkalan data. Pangkalan data bisa dilihat secara langsung maupun melalui CD-ROM
  • Jenis dokumen dalam bentuk teks biasanya digunakan untuk menunjang aktivitas riset, pengembangan industri, dan perguruan tinggi. dokumen dalam bentuk teks meliputi :

Jurnal/Majalah :

  • jurnal/majalah merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pelaksanaan penelitian. Para peneliti dan profesional ditantang dan dipacu untuk selalu mengetahui informasi tersebut dimuat sebagai artikel dalam berbagai jurnal. Dapat dibayangkan bagaimana sulitnya untuk mengetahui tentang berbagai judul artikel yang dihasilkan oleh para pakar di seluruh dunia jika seandainya indeks untuk itu tidak tersedia. Penelusuran artikel jurnal dapat dilakukan secara manual dan elektronik.

Indeks Tercetak :

  • Penggunaan indeks tercetak dalam penelusuran informasi telah dikenal sejak lama, jauh sebelum komputer digunakan. Berikut beberapa contoh indeks yang bisa digunakan untuk menelusur artikel jurnal/majalah:
  • Indeks Majalah Ilmiah Indonesia

            diterbitkan oleh pusat dokumentasi dan informasi ilmiah (PDII-LIPI). Indeks ini disusun berdasarkan subjek bidang menurut Dewey (DDC), yang kemudian di ikuti judul karangan yang disusun menurut abjad. Indeks dilengkapi dengan indeks pengarang, indeks kata kunci dan indeks geografi.

  • Indeks Medicus

            Indeks ini berisi artikel jurnal tentang kesehatan di dunia

  • Indeks Medicus Indonesia

            Diterbitkan oleh perpustakaan dan informasi penelitian balitbang kesehatan RI, memuat data bibliografis artikel jurnal bidang kesehatan.

Buku Referensi :

            Ada dua jenis buku referensi:

  1. Buku yang memuat informasi yang di butuhkan, seperti kamus, direktori, ensiklopedi, buku pegangan, kamus biografi, dan atlas.
  2. Buku yang memberikan mengenai dimana informasi bisa ditemukan, seperti indeks, abstrak, dan bibliografi.